BerandaBERITA UTAMASurat Suara Pilkades Suban Berpeluang Dihitung Diulang, Ini Penjelasan Kadis PMD Seluma

Surat Suara Pilkades Suban Berpeluang Dihitung Diulang, Ini Penjelasan Kadis PMD Seluma

ruangjournalist.com – Menyikapi polemik Pilkades Suban Kecamatan Semidang Alas yang berakhir draw, dan terindikasi terjadi kelalaian pihak panitia penyelenggara di tingkat desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Seluma, berpeluang akan menggelar penghitungan surat suara ulang.

Hal ini setelah Camat Semidang Alas Sudarto membahas hal tersebut dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Seluma, pada Senin siang (11/9) sekitar pukul 13.00 wib.

Pertemuan ini menindaklanjuti Desa Suban yang sampai saat ini belum ditetapkan kades terpilih, lantaran kedua calon kepala desa, yakni calon kades dengan nomor urut 1, Bani Asri dan nomor urut 2, Neri Nurhayati yang merupakan calon petahana (incumbent) sama-sama memperoleh suara yang seri.

Proses pilkades Suban Kecamatan Semidang Alas.

Kedua calon kades tersebut mendulang perolehan suara yang sama yakni berjumlah 53 suara dari 106 DPT yang hadir menggunakan hak pilihnya, sedangkan jumlah DPT desa suban hanya sebanyak 107 jiwa.

Camat Semidang Alas Sudarto saat dikonfirmasi mengenai adanya tuntutan calon Kades Suban nomor urut 1, menerangkan dalam proses penghitungan surat suara pada tanggal 6 september lalu, terjadi kelalaian pihak panitia pilkades di tingkat desa, yakni kekeliruan dalam penulisan jumlah pada lembaran plano rekapitulasi surat suara.

“Iya kemarin itu kan hasil Pilkades Suban Draw, karena ada penulisan yang keliru jadinya masing-masing sama memperoleh 53 suara dari 106 DPT, kalau jumlah DPT keseluruhannya ada 107 jiwa,” terang Sudarto.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Dinas PMD Kabupaten Seluma Nopetri Elmanto menegaskan pihaknya masih menunggu administrasi dari panitia Pilkades Suban, BPD, dan kecamatan.

“Nanti kita lakukan verifikasi, tidak terkecuali kedua calon kades tersebut dan saksi kedua calon turut diundang ke tingkat kabupaten,” ujar Nopetri Elmanto.

Dengan adanya tanggapan panitia tingkat kabupaten ini, memberi signal adanya peluang untuk dilakukannya penghitungan surat suara ulang, agar dapat segera ditetapkannya salah satu dari dua calon Kades Suban tersebut yang bersaing ketat.

Baca juga:

Draw, Calon Kades Suban Tuntut Penghitungan Ulang https://ruangjournalist.com/2023/09/09/draw-calon-kades-suban-tuntut-penghitungan-ulang/

(RJ)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

error: Content is protected !!