BerandaBERITA UTAMAMulai Tahun 2023 ini, Seleksi Calon Paskibraka Seluma Gunakan Aplikasi Online

Mulai Tahun 2023 ini, Seleksi Calon Paskibraka Seluma Gunakan Aplikasi Online

ruangjournalist.com – Mulai tahun ini, Badan Kesbangpol Kabupaten Seluma turut andil dalam proses seleksi calon Paskibraka.

Menjelang pembukaan pendaftaran calon paskibraka secara online, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) mulai menggelar rapat kordinasi terkait persiapan dan mekanismenya, pada Selasa pagi (14/2/2023).

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Seluma, Syaiful Anwar mengatakan tahapan seleksi bedanya dengan tahun lalu, tahun ini setiap calon Paskibraka yang berminat harus mendaftar melalui aplikasi tranparansi paskibraka yang telah diterapkan pemerintah pusat, dan kini menjadi tanggung jawab Badan Kesbangpol, meskipun anggarannya kini masih dikelola Disparpora Kabupaten Seluma.

“Berdasarkan hal itu, tahun ini pelaksanaan seleksi masih kita lakukan karena anggarannya masih di pos kita, dengan bekerja sama Kesbangpol Seluma sebagai pelaksana seleksi dan sudah kita komunikasikan dan koordinasikan bersama Dinas Kesehatan dan PPI Kabupaten Seluma,” terang Syaiful Anwar.

Persiapan seleksi calon Paskibraka oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) tahun ini, bekerjasama dengan pengurus Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Seluma yang difasilitasi Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Seluma.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Seluma, Dadang Kosasi menegaskan proses seleksi calon Paskibraka tahun ini mulai menerapkan aplikasi sesuai regulasi yang dibuat oleh pemerintah pusat. Salah satu tujuannya untuk menghindari intervensi dalam proses seleksi, sesuai Peraturan Presiden (Perpres) No. 51 Tahun 2022 yang mengatur mekanisme Program Paskibraka.

“Terkait seleksi calon Paskibraka tahun ini kita mengacu Perpres No. 51 Tahun 2022 yang mengatur mekanisme Program Paskibraka, jadi pengelolaan dari pusat itu ada di BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila), untuk perpanjangan BPIP di daerah ini Disparpora dan Kesbangpol, selama tahapan seleksi kini melalui aplikasi online transparansi paskibraka,” tutur Dadang Kosasi.

Sementara itu, tahapan seleksi pendaftaran calon paskibraka di Kabupaten Seluma, akan mulai dari tanggal 17 Februari sampai dengan 3 Maret 2023 mendatang. (***)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments

error: Content is protected !!